Sunday, June 29, 2014

Bushcraft


 
Bushcraft merupakan istilah kalimat untuk keterampilan pada "medan liar", yang dipopulerkan di belahan bumi Selatan oleh Les Hiddins (The Bush Tucker Man), dari Australia, dan oleh Mors Kochanski di belahan bumi Utara .
Bushcraft lebih kepada 'life style' (gaya hidup) alam terbuka. 'Bushcrafting' bukanlah 'survival'. Pada bushcrafting kita sendiri yang memilih kegiatan alternatif dan terpisah dari kehidupan di desa / kehidupan di kota. Aktivitas bushcrafter di lokasi alam terbuka bukan sebagai seorang 'survivor' dan menunggu operasi BNPB atau Tim SAR untuk keluar dari situasi darurat.
Bushcraft memiliki pengertian keahlian untuk bertahan hidup di alam bebas yang termasuk didalamnya kemampuan dasar survival seperti cara-cara mendapatkan air dan makanan, membuat shelter, menyalakan api, navigasi, membuat sinyal, membuat peralatan untuk mempermudah kerja seperti tombak, pisau, dan alat masak, juga mencakup pengetahuan tanaman edible dan atau obat-obatan dll. Bushcraft sebenarnya telah ada sejak zaman dahulu ini, bahkan di Indonesia. Ilmu ini adalah warisan dari para pendahulu kita.
Dengan pengertian tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa bushcraft adalah inti dari survival, karena semua yang dipelajari dalam bushcraft dapat digunakan dalam aktifitas survival.
Pada tradisi suku pedalaman aseli, bushcraft diwariskan dari generasi ke generasi sebagai ilmu keterampilan dasar bertahan hidup di alam terbuka. Esensi bushcrafting adalah kreativitas kerja. Dalam mempertahankan siklus hidup, seorang bushcrafter harus bereksplorasi, dan melestarikan sumber daya alam di lingkungan sekitarnya.
Maksud / tujuan mempelajari keterampilan bushcraft: membentuk perilaku mental, mengembangkan kreativitas kerja individu dan kelompok, serta memupuk semangat hidup di alam terbuka.
Lingkup materi bushcraft antara lain meliputi: a. Basic Knots, b. Knife-Tool Skills, c. Management Food & Water, d. Navigation Basic Knowledge, e. Introduction of Herbal Medicine






Motto Bushcraft:
We don't inherit the earth from our ancestors, we borrow it from our children. Take care of the earth, and earth will take care of you - Native American Tribe Proverb ...


Kita tidak mewarisi bumi dari leluhur kita, kita hanya meminjamnya dari anak keturunan kita. Rawat bumi ini, maka bumi akan merawat kita - Pepatah Suku Pribumi Amerika




1. Teknik Bushcraft Knot -Rope



2.  Teknik Bushcraft membuat api





3. Panduan bashcraft - Teknik Berburu




4. Panduan bashcraft - Tips & Teknik Knife



5.  Panduan bashcraft - Tips & Teknik membuat selter

0 comments:

Post a Comment