Sunday, March 22, 2015

Lampu Tenda Sederhana

Kadang kita kesulitan bawa lampu badai buat di dalam tenda, susah nyari minyak tanah atau takut peralatan kita bau minyak tanah. Kalaupun mau beli lampu tenda modern susah nyarinya di Toko mana. Dan jika ada bentuknya besar dan harganya lumayan. Ada yg pernah buat beginian ga ya ? Hampir semuanya dari barang yg sdh tdk kita pakai. Barang sangat kecil, ringan murah.Sudah teruji dan terjamin kemampuannya di beberapa gunung.


Alat dan Bahan :
1) Batrai HP bekas. Disini ane pasang 2 buah, digabung secara paralel biar nyala lebih lama
2) Lampu Led Super White, bekas dari lampu emergency rusak pun bisa, asalkan yg super white. Ane pasang 2 buah, bisa lebih sesuai kebutuhan, semakin banyak maka semakin terang. LED dirangkai paralel.
3) Dioda 2bh, bekas daleman lampu bohlam yg warna putih susu bisa dipakai
4) Saklar bekas
5) Kotak bekas box kartu nama.
6) CD/ DVD Bekas.
7) Charger HP bekas, dites dulu masih ada dayanya tidak pakai multi tester atau Led Super White tadi. Ujung kabel dimodifikasi pakai penjepit kabel warna hitam dan merah
8) Pasang led merah dihambat restan 220 atau 330 buat indikator ketika nge-charge



Gambar skema prinsip dasar




Hasil akhir lampu tenda



JANGAN LUPA PAKAI LED YG SUPER WHITE, KALAU YG BIASA PASTI LANGSUNG PUTUS ! DIJAMIN NYALA TERANG DAN JUGA BISA DIPAKAI KALAU LISTRIK MATI. TIDAK PERLU BELI MINYAK TANAH ATAU BATRE ALK*LIN*, CUKUP CHARGE KALAU NYALA MULAI REDUP !!


SEMOGA BERMANFAAT 


Tutorial & Handmade By : Alas Perdu

0 comments:

Post a Comment