Friday, December 12, 2014

GPS dan Glonass sebagai Alat Navigasi Via Android

 



Saat ini sistem satelit GPS tidak lagi menjadi sistem navigasi tunggal, jaringan satelit GPS adalah sistem satelit Amerika dan paling banyak digunakan, paling lengkap, dan pertama ada. Tetapi semenjak 2007 Rusia mengemembangkan sendiri satelit navigasinya, dan ini dipublikasikan pada tahun 2011.
  • GPS singkatan Global Positioning Sattelite, sistem satelit navigasi pertama, paling lengkap, terus diperbaharui dan milik Amerika. Digunakan di semua perangkat navigasi sebagai signal utama. Awalnya dirancang untuk militer dan terakhir dibuka untuk publik seja akhir 2000.
  • Glonass dikembangkan oleh Rusia, baru dibuka untuk publik 2007 dan sudah bekerja penuh tahun 2011. Total 31 satelit navigasi, tapi  beroperasi penuh saat ini hanya 24 satelit. Rusia menyelesaikan semua konstelasi satelit navigasi Glonass pada Desember 2012. Sekarang signal navigasi Glonass digunakan untuk signal pendamping atau pembantu dari signal GPS.

GPS dan GLONASS, keduanya memiliki posisi satelit dan signal berbeda, tapi fungsinya sama yaitu sebagai satelit pemancar signal navigasi.
Dahulu perangkat mobile kita mungkin hanya mampu menangkap sinyal dari GPS. Seiring berkembangnya waktu kini smartphone/ android (tertentu) dapat menerima sinyal satelit secara bersamaan dari GPS dan GLONASS.
Bila perangkat dapat menerima signal GPS+Glonass, maka alat tersebut tetap mengutamakan sinyal dari GPS, sedangkan signal satelit Glonass membantu meningkatkan akurasi. Bila signal GPS mengalami blank spot seperti terhalang, posisi satelit tertutup awan atau posisinya terlalu jauh. Signal Glonass dapat membantu perhitungan signal GPS menjadi lebih akurat.
Sederhananya, Glonass + GPS akan meningkatkan akurasi perangkat dalam menunjukan posisi seseorang. Lebih cepat fix dan akurat tergambar di peta.


Cara mengetahui satelit yang diterima di smartphone/ android GPS atau GLONASS bisa menggunakan aplikasi GPS Test.



Download GPS Test secara gratis dari Play.google.com 

Berikut adalah screenshot GPS Test dari Andro**x C3 untuk posisi Kota Tegal Jawa Tengah.



 Tanda lingkaran warna menandakan satelit dari GPS dan tanda segitiga adalah satelit dari GLONASS.
 

Pemanfaatan GPS dan GLONASS di smartphone/ android sebagai alat navigasi menggunakan aplikasi Maverics dan Navatel sebagai alat Bantu tracking record dan panduan perjalanan......................



0 comments:

Post a Comment