Thursday, December 11, 2014

Maverick Sebagai Alat Navigasi Via Android



Pemanfaatan GPS dan GLONASS kali ini dengan bantuan aplikasi smartphone/andoird yaitu Maverick.
Software Maverick adalah alat untuk navigasi. Selain sebagai navigasi, dapat digunakan sebagai Logger (atau pencatat kemana si pemilik handphone pergi) dan peta dapat dilihat pada layar smartphone Android.
Fungsi software Maverick :
  • Mencatat kemana si pemiliknya pergi.
  • Mencatat berapa kecepatan, jarak, waktu tempuh, ketinggian, atau menandakan point di data track yang dilewati. (tergantung dari fitur smartphone yang ada)
  • Bila sesuatu hal terjadi, misalnya tersesat. Cukup melihat peta atau jalur yang dicatat pada layar smartphone yang ditampilkan Maverick
Download Maverick secara gratis dari Play.google.com
Link alternatif :


Dibawah ini panduan dan tampilan aplikasi Maverick untuk Android

1. GPS harus aktif di smartphone. Untuk mengaktifkan, pilih di bagian setting dan Location and Security. Pastikan GPS/Posisi ON








2. Setelah GPS diaktifkan, bukalah aplikasi Maverick yang sudah kita instal di Smartphone/ android kita.
3. Tampilan posisi kita Maverick. Saat artikel ini dibuat posisi ada di Kota Tegal Jawa Tengah, tampak seperti gambar di peta..


4.Kompas Digital



5. Tabel posisi/koordinate kita, waktu sunset/sunrise, ketinggian (Mdpl), dan jumlah satelit GPS/GLONASS yang terpantau di android


6. Merekam Jejak/ Record Tracking, lamanya tracking serta jarak tracking



 Fasilitas tracking record ini bisa kita gunakan ketika kita ada di medan pendakian dengan begitu banyak jalur yang kandang membingungkan dan membuat kita menyimpang dari jalur sesungguhnya. Dengan bantuan rekam jejak ini kita bisa kembali melewati jalur yang telah kita lewati sebelumnya. Berikut contoh dari tracking record di Maverick.


Tracking Record tampak di peta :



Salah satu peta yang ada di maverick biasanya menggunakan google map. Salah satu kelemahan Google map adalah diperlukannya koneksi internet yang terus-menerus untuk mendapatkan gambar peta yang diperlukan. Disini sayamemberikan alternatif pengganti Google map yang memiliki fitur cache tak terbatas dan dapat didownload secara manual dan dibisa dimasukan ke dalam peta Maverics (sementara khusus peta Jawa-Bali).

Unduh Peta Jawa Bali : Jawa Bali Map

Setelah diunduh, ektraklah file tersebut dan copykan ke folder Maverick yang ada di SDCard Smartphone/ Android anda.

Kemudian aktifkan peta tersebut di Maverick dan anda tidak perlu mengunduh lagi di perangkat anda. Pilih menu Map Sources kemudian google map (user folder)
Setelah peta offline diaktifkan, maka blank area yang tadinya kosong akan muncul peta yang tadi kita copykan.

Bersambung ke Part 3 ........................................................
(Navitel Sebagai Alat Navigasi Via Android)

Tutorial By : Alas Perdu

1 comment: