Sunday, January 29, 2017

Wisata Curuh Bengkawah, Belik Pemalang


Kawasan Belik Pemalang memiliki pesona alam yang membuat kita kagum akan keindahannya. Salah satunya sunrise di Gunung Jimat/Mbelik. Terbukti ketika kami melakukan pendakian ke Gunung Jimat, 17 Agustus 2015, kealamian gunung tersebut masih terjaga dengan baik.

Selaian wisata alam Gunung Jimat, terdapat juga wisata air terjun di Curug Bengkawah. Sayang sekali kalau ketika turun dari pendakian Gunung Jimat dan tidak mampir ke kawasan Curug ini.

Tepatnya tanggal 18 Agustus 2015 selepas pendakian dari Gunung Jimat, kita tim dari Pendaki Laka-Laka Tegal diberikan kesempatan untuk menikmati indahnya wisata di Curug Bengkawah.


Curug Bengkawah terletak di Desa sikasur,  Kec. Belik, Pemalang. Lokasinya kurang lebih 200m ke Seletan dari arah pasar Rangdudongkal. Untuk menuju lokasi kita harus melewati persawahan dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Jalan persawaan ini sangat sempit hanya bisa dilalui oleh satu motor saya, Kalaupun berpapasan, maka salah satu harus mengalah dan berhenti untuk menepi. Kurang lebih 300 meter dari jalan aspal setelah melewati jalan persawaan terdapat tempat parkir motor sekaligus tempat untuk membeli tiket masuk. Cukup murah hanya lima ribu rupiah per orang untuk masuk ke kawasan Curug Bengkawah. Hanya saja parkir motornya masih dibilang mahal, sepuluh ribu rupiah untuk satu motornya.


Setelah menitipkan kendaraan kita, perjalanan dilanjutkan dengan trekking jalan kaki sepanjang jalan persawahan. Lumayan juga, setelah melakukan pendakian semalah kita harus jalan kaki lagi nenuju Curug Bengkawah. Kurang lebih hanya sepuluh menit kita jalan kaki dari tempat parkir/tiketing, kisa sudah memasuki kawasan wisata alam Curug Bengkawah.


Curug Bengkawah terletak di koordinat Peta dan Koordinat GPS: 7°55’ LS dan 109° 50’ BT 7° 7' 49"S (- 7.130°)  109° 21' 28"E (109.358°). Curug Bengkawan memiliki dua air terjun yang berdampingan. Oleh karena itu Curug Bengkawah biasa disebut dengan Curug Kembar. Curug ini merupakan aliran dari sungai Kluweh. Tinggi curuh ini berkisar 20 meteran sedangkan kedalaman air kolamnya sekitar 3 meter. Kita tidak dianjurkan untuk berenang di kolam Curug Bengkawah ini.


Suasan di Curug Bengkawah masih begitu sepi, mungkin karena kondisi masih terlalu pagi, sekitar jam 8 pagi dan bukan hari libur. Hari Senin ketika orangorang sibuk ngantor atau sekolah, rombongan kita asik dengan suasana Curug Bengkawah. Dengan bebasnya peralatan pendakian kami bongkar. Menu sarapan pagi dan secangkir white coffer kami nyaman berada di Curug Bengkawah.


Sooo buat kamu-kamu yang ingin menikmati suasana alam, sesekali lakukanlah travelling atau perjalanan wisata alam di hari-hari non libur. Kita bakalan benar-benar bisa menyatu dengan alam tanpa banyak terganggu oleh wisatawan lainnya.



Selamat menikmati perjalanan wisata kamu. Jangan lupa kalau ke Belik Pemalang mampir ke wisata Curug Bengkawah dijamin kalian ga akan kecewa bisa datang ke tempat wisata ini.. Jangan lupa bawa pulang sampahmu .....

0 comments:

Post a Comment